manajemen waktu, kunci utama mencapai sukses

MANAJEMEN WAKTU, KUNCI UTAMA MENCAPAI SUKSES

Betapa seringnya kita mendengar pepatah yang mengatakan “Waktu adalah Uang”. Tapi sebenarnya beberapa diantara kita yang benar – benar dapat memanfaatkan waktu yang kita miliki dengan sebaik-baiknya ? sebenarnya, jika anda ingin mengatur kehidupan anda dan membuatnya menyenangkan, sebagai permulaan yang anda butuhkan adalah mengatur waktu anda. Tak perlu dipertanyakan lagi, pengaturan waktu yang efektif merupakn hal mendasar untuk lingkup berbagai wilayah kehidupan. Pada kenyataannya, seringkali terdapat perbedaan antara pencapai kehidupan sejati dan orang-orang yang, meski sibuk, tak pernah sampai pada titik dimanapun.
Tak mengejutkan kalau dalam seluruhan industry pengaturan waktu jadi sebuah kebutuhan. Tapi jika anda meninjau lebih dalam, anda akan dapat melihat bahwa sebenarnya pengaturan waktu tak jauh beda dengan manajemen diri. Karena pada kenyataanya, anda tak dapat mengatur waktu, tapi anda dapat mengatur diri sendiri dan apa yang anda lakukan dalam setiap kesempatan.
Kebanyakan ahli sepakat bahwa sukses merupakan hasil dari kebiasaan. Oleh sebab itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperlancar bagaimana anda menggunakan waktu, yakni dimulai dengan kebiasaan anda (kontrol diri). Dan kebiasaan ini dimulai sebagai pembuat keputusan secara sadar.
Sekali anda bisa, seterusnya kebiasaan bagus ini jadi hal alami. Dalam banyak kasus, sukses bukan dihasilkan dari hal yang tak biasa, tapi lebih sebagai hasil dari kemampuan seseorang untuk menguasai keduniawian. Dengan konsisten menampilkan seluruh tugas penting yang belum sempurna, sejalan dengan waktu aktivitas ini akan berubah jadi pencapaian besar. Berikut beberapa aturan sederhana yang dapat diikuti untuk melakukan pengaturan waktu yang lebih baik :

Jangan Menagguhkan. Lakukan saat ini juga. Saat orang menunda sesuatu, itu berarti membunuh daya gerak pencapaian pada tujuan saat ini dan menghalangi kesempatan di masa mendatang lantaran waktu yang tersumbat. Cara untuk mencegah penundaan adalah dengan merancang deadline untuk tujuan yang harus dicapai. Menghindari deadline terakhir membawa penundaan yang diatur tujuan sebagai perantara untuk mencapai setingkat demi setingkat menuju tujuan.

Lacak aktivitas Anda. Memori adalh penuntun yang payah, jika ini berhubungan dengan menetapkan bagaimana anda melewatkan waktu anda. Cara terbaik untuk merekam aktivitas anda sepanjang hari adalah dengan mendata apa yang anda lakukan. Kebanyakan orang akan menemukan kalau nmereka memiliki tiga jam dalam tiap hari yang sebenarnya dapat digunakan untuk hal yang lebih membangun atau tindakan yang efisien. Kurangi waktu yang anda gunakan untuk bertelepon, membolak-balik majalah atau surfing di web yang tidak menghasilkan apapun, dan batasi kagiatan-kegiatan yang tidak penting.

Berkonsentrasi Pada Hasil. Banyak orang melewatkan waktu mereka sepanjang hari dengan aktivitas yang hiruk-pikuk, tapi hanya sedikit membuahkan hasil. Itu semua terjadi karena mereka tak berkonsentrasi pada hal yang benar. Jangan terkecoh antara bekerja secar efisien dan bekerja secara efektif. Aktivitas dapat memang kadang dapat membebaskan diri dari tekanan tapi itu tak mencapai tujuan anda. Dengan lebih berkonsentrasi pada sedikit prioritas “utama” secar teratur. Anda dapat mencapai lebih banyak hal dalam waktu singkat.

Ingat Prinsip 80/20. 20% kunci aktivitas anda akan member anda 80% dalm bentuk hasil. Tujuan anda adalah mengubah ini untuk memastikan kalau anda berkonsentrasi sebanyak usaha yang mungkin anda lakukan untuk hasil tertinggi dari tujuan.

Gunakan Waktu Perjalan Dengan Bijaksana. Sangat mudah untuk mengabaikan waktu yang dilakukan untuk menempuh perjalanan dalam penafsiran manajemen waktu. Pertimbangkan dengan hati-hati apakah ini merupakan waktu yang sesuai dimana anda dapat juga menggunakannya secar lebih produktif. Sebagai contoh, jika anda memilih naik bus atau kereta untuk menuju tempat kerja, apakah ini menyediakan kesempatan untuk membuat penggunaan waktu anda jauh lebih baik ? atau jika anda nyetir sendiri, apa anda b isa mendengarkan rekaman pendidikan atau motivasional yang dapat membuat anda memperbaiki keterampilan dan lebih produktif ?

Bangun Rancangan Aksi. Sebuah rencana tindakan merupakan daftar pendek dari tugas yang harus dilengkapi untuk mencapai sebuah tujuan. Ini beda dengan To Do List dimana focus utamanya adalah pencapaian tujuan, (dan langkah untuk mencapainya secara spesifik) dari pada hanya membuat tujuan untuk dicapai dalam periode waktu. Kapanpun anda ingin mencapai sesuatu, buat gambaran gambling dari rencana tindakan, ini akan member anda kesempatan untuk lebih berkonsentrasi pada tahap pencapaian itu, dan memonitor kemajuannya dalam perwujudan.

Merespon Dengan Cepat. Sebagai contoh, urus mail anda begitu anda menerima surat. Jangan biarkan taguhan dan surat-surat itu membebani anda. Jika anda tidak bisa membalas sebuah surat saat itu juga, buat file ditempat khusus yang mudah dilihat, dan tulisakan di amplop tindakan yang dibutuhkan serta tanggal dimana anda dapat menyelesaikannya. Ketika memungkinkan, lakukan tindakan pada hari yang sama saat anda menerimanya. Jangan biarkan computer, meja dan pikiran anda jadi bertumpuk dengan hal yang tak berguna.

Bersikap Tegas. Belajarlah berkata tidak pada orang lain. Waktu anda sangat berharga. Jadi jangan biarkan orang lain menentukan atau memanfaatkan anda untuk kepentingan rancana mereka. Batasi gangguan sebisa mungkin. Tutup pintu anda, matikan nada dering telepon atau minta dengan terus terang agar anda tidak diganggu.

Jadwalkan Waktu Untuk Besantai. Saat anda mengatur waktu dan bisnis anda, pastikan untuk menyisihkan saat untuk bersantai.

Tugas pertama anda untuk mengatur waktu dengan lebih baik adalah membuat mendaftar seberapa banyak waktu yang anda buang sisa-sia selam sehari, dari sana atur ulang akrtivitas anda untuk melakukan yang lebih maksimal dalam setiap menit. Lebih dari segalanya, berpegangteguhlah pada rencana anda. Jadwal yang anda buat hanya dapat terlaksana dengan benar hanya jika anda keukeh dengan itu. Nah, dengan mengikuti tips ini kami harap anda akan memiliki lebih banyak ruang untuk melakukan hal-hal yang ingin anda capai dalam hidup anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: