LEBIH JELI DALAM MEMILIH BAHAN BANGUNAN

LEBIH JELI DALAM MEMILIH BAHAN BANGUNAN

Selain desain mumpuni dan cukup dana, ada satu lagi yang tidak boleh dilupakan, yaitu memilih material bangunan yang efektif dan efisien.
Membangun atau merenovasi rumah membutuhkan waktu yang tak sedikit. Semakin besar dan semakin luas rumah, semakin banyak pula waktu yang diperlukan. Padahal, jika waktu pembangunan atau renovasi bisa dipersingkat, tak sedikit biaya yang bisa diselamatkan untuk disalurkan ke kebutuhan lainnya.
Mungkinkah ini terjadi ? jawabannya, tentu saja bisa. Asalkan, sedari awal desain dirancang matang dan memperhitungkan segala kemungkinan. Lalu, yang tak kalah penting adalah kesiapan dana konstruksi atau renovasi. Jangan sampai, di tengah jalan, pembanguna terhambat karena ledakan biaya. Yang tak kalah penting, metrial bangunan yang dipilih benar-benar memenuhi asas efektif dan efisien.

Desain Fleksible.
Rumah yang nyaman harus sesuai dengan kebutuhan, jumlah, dan aktivitas penghuninya. Untuk memenuhinya, desain pun harus menyesuaikan diri. Untuk menghindari perombakan tak perlu yang memakan biaya dan waktu, baiknya gunakan desain system modular.
Dengan system ini, rumah dimungkinkan berkembang secara bertahap, di kemudian hari. Berbagai bentuk susunan ruang dapat diciptakan tanpa khawatir adanya struktur yang berlebihan. Sehingga, saat penambahan ruang terjadi, karena mengikuti modul yang sama, pembongkaran atau penambahan titik struktur yang baru dapat diminimalkan.
Agar tak salah langkah, bekerja sama dengan arsitek dalam mendesain rumah bisa sangat membantu. Misalnya dalam menggambarkan keinginan, kebutuhan, dan karakter penghuni, sampai mengukur pembelian material bangunan, agar pas.

Akses Biaya.
Jika dana menjadi masalah, jangan ragu untuk mengambil kredit renovasi atau konstruksi rumah yang tersedia di bank. Yang harus dipahami adalah, pastikan kredit renovasi atau konstruksi memenuhi kebutuhan dan sesuai dengan kemampuan. Alias menjembatani kondisi anda dengan scheme (rencana) kredit yang cocok dengan kebutuhan.
Lalu penuhi persyaratan administrasi (data pribadi & data penghasilan), batas usia anda minimal 21 tahun dan ketika kredit berakhir, maksimal 55 tahun. Harus sudah bekerja dan memiliki penghasilan yang bisa diverifikasi, besarnya harus 3 kali lipat dari jumlah cicilan kredit renovasi atau konstruksi yang diinginkan.
Dan, jika pemohon memiliki hutang, ia harus mempunyai sejarah pembayaran (track record) kredit yang baik dan lancer. Plus, jangan sampai sisilan hutang melebihi 1/3 penghasilan anda. Jangan lupa, catatan mutasi rekening bank harus aktif dan detail, minimal 3 bulan kebelakang, agar terlihat jelas arus masuk keluar keuangan anda.

Mengenal Bataton
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, material bangunan memegang peranan penting dalam konstruksi atau renovasi rumah. Dan, yang bisa dipilih adalah material fabrikasi.
Jenis material bangunan ini masuk ke jajaran unggul sebab dibuat pada cetakan berukuran sama yang menjadikannya lebih pas terukur. Sehingga kemungkinan kekurangan material atau kelebihan bisa diperkecil. Karena sudah terukur jelas, para tukang pun tak kesulitan dalam memasangnya.
Dalam membangun rumah, yang dibutuhkan adalah adanya fondasi, atap, lantai, dan dinding. Kesemua ini tentunya memerlukan bahan bangunan yang tentunya berkualitas dan mudah diaplikasikan dalam proses konstruksi. “Sehingga lebih efektif dan efisien.”
Lantas bagaimana caranya agar pembangunan atau perenovasian bisa berjalan lebih efektifdan efisien ? seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pemilihan bahan bangunan menjadi kunci. Misalnya dengan memakai material yang mengurangi atau malah tidak menggunakan kayu tetapi tetap bisa memenuhi fungsinya sebagai struktur. Material ini juga harus bisa memenuhi kualitas tertentu, jadi rumah bisa dibangun secara bertahap.
Material bangunan ini bernama bataton. Bahan bangunan pracetak berbasis semen, diproduksi dari bahan baku bermutu dengan teknologi, serta peralatan yang inovatif. Sehingga menghasilkan bahan bangunan dengan tingkat presisi yang akurat, sehingga memudahkan dan mempercepat proses pemasangan.

Plester Lebih Cepat dan Tipis.
Bataton memenuhi semua kebutuhan material dalam membangun atau merenovasi rumah, dari mulai pondasi, sloof (struktur dari bangunan yang terletak di atas fondasi), kolom, balok, plat lantai, hingga dinding pengisinya.
Karena bataton memiliki ukuran yang akurat, makaa sebelum dinding diplester pun rumah sudah layak ditempati. Lebih berkualitas kan ? dan, karena tidak menggunakan kayu, waktu pembangunan pun bisa dipersingkat karena tidak perlu memasang dan membongkar bekisting (cetakan untuk beton yang biasanya dibuat dari kayu). “Sampah konstruksi pun berkurang.”
Kelebihannya pun masih ada, yaitu beton yang dicor pada bataton tidak perlu ditunggu sampai mengeras untuk memasang material selanjutnya. “Dengan demikian dari segi waktu lebih efisien dan pembangunan tetap bisa dikerjakan dengan cepat.”
Dari segi ukuran, bataton juga unggul. Diproduksi dalam dua ukuran, yaitu penuh dan setengah. “Biasanya yang konvensional, hanya dibuat dalam ukuran penuh. Sehingga jika yang dibutuhkan hanya setengah, harus dipotong terlebih dulu. Akibatnya, yang setengah ini tidak terpakai dan dibuang.”
Berbeda dengan bataton yang, “Karena presisinya tepat, saat dipasang pada dinding, akan lebih rata. Ketika diplester juga lebih tipis, sehingga lebih efisien.” Dinding yang memakai bataton lebih kokoh menahan beban, sebab rongga dapat diisi dengan besi tulangan dan beton (menjadikan konstruksi lebih kuat).
Nilai lebih bataton yang lainnya adalah rongga udara di dalamnya yang merupakan isolator yang baik bagi udara. Sehingga, panas dari luar menjadi sulit masuk ke dalam karena ada rongga tadi. “Berbeda dengan material yang padat, rambatan panas akan lebih cepat merambat. Tapi dengan bataton, udara dingin akan tertahan lebih lama karena tidak bisa merambat.” Dengan begini, pemakaian pendingin udara bisa diminimalisir sehingga lingkungan turut terjaga.

Atap Hingga Kusen.
Dari segi struktur bangunan lain, seperti atap yang membutuhkan genteng, pilih juga material yang efisien dan efektif. “Yang satu ini, ukurannya lebih besar tapi tipis sehingga ringan namun mampu menahan beban hingga 80 kg.”
Genteng yang sering disebut Micro Concrete Roof (MCR) lebih ringan dan lebih panjang ini menyebabkan penggunaan kayu yang lebih sedikit. “Konstruksi atapnya akan lebih ringan, namun stabil dan daya tahannya baik.” Di sisi lain, dengan genteng MCR ini, panas bisa diserap sehingga sirkulasi udara lebih nyaman di dalam rumah.
Pemasangan genteng MCR ini lebih sederhana serta mudah. Juga anti debu dan rayap, plus kokoh menahan angin. Sedikit tips dalam memasang atap adalah kemiringan minimum 22 derajat, sehingga air lebih mudah mengalir.
Berbicara mengenai rumah, kusen juga memiliki peranan penting. Dan, seperti yang kita tahu sekarang, kayu harganya lebih mahal. Sehingga sebagai alternative, material kusen diganti dengan beton yang dibuat knock down. “Dibuat dalam empat bagian (2 bagian vertical dan 2 bagian horizontal), sehingga bisa dirangkai di lapangan pada saat pemasangan. Jadi, lebih efisien.” Kusen ini sudah dilengkapi dengan engsel dan kunci terpadu yang membuat pemasangan lebih mudah dan cepat.
Sistem konstruksi dengan material bangunan seprti yang dijabarkan sebelumnya, sangat memungkinkan seseorang membangun rumahnya secara bertahap. Dalam artian, bisa disesuaikan kemudian hari sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. “Dengan desain dan material ini, rumah bisa dikembangkan secara vertical dan horizontal. Jadi sudah fleksibilitasnya sudah diperhitungkan sedari awal.”

Daftar pustaka.
Majalah Nova.
http://www.membangunbersama.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: