Latihan 3-3

Capital Lease dan Operating Lease merupakan dua klasifikasi utama sewa.
Diminta :
a. Jelaskan bagaimana lease mencatat capital lease pada awal dan selama tahun pertama sewa. Asumsikan bahwa terdapat transfer kepemilikan asset kepada leasee saat sewa berakhir.
b. Jelaskan bagaimana leasee mencatat operating lease pada awal dan selama tahun pertama sewa. Asumsikan bahwa pembayaran oleh lease sama besarnya tiap awal bulan selama masa sewa. Jelaskan perbedaan dalam akntansi jika pembayaran sewa tidak berdasarkan garis lurus.

Jawaban..!!!
a. Lessee mengklasifikasikan dan mencatat sewa sebagai capital lease jika pada saat terjadinya, transaksi tersebut memenuhi minimal satu dari empat criteria sebagai berikut : (1) Terdapat transfer kepemilikan aset kepada lessee pada akhir masa sewa ; (2) Terdapat opsi untuk membeli aset pada harga murah (bargain Price) ; (3) Masa sewa 75% atau lebih dari estimasi umur ekonomis aset; atau (4) Nilai sekarang pembayaran sewa dan pembayaran sewa minimum lainnya sebesar 90% atau lebih dari nilai wajar aset dikurangi dengan kredit pajak investasi yang ditahan oleh lessor. Lessee mencatatnya (baik aset maupun kewajiban) sejumlah nilai sekarangMLP selama masa sewa, tidak termasuk biaya administrasi seperti asuransi, perawatan, dan pajak yang dibayar oleh lessor yang termasuk dalam MLP. Dalam akuntansi operating lease, lessee mencatat sewa sebagai beban saat terjadinya, dan tidak ada aset atau kewajiban yang diakui dalam neraca.

b. Lessee (lessor) mencatat MLP sebagai beban (pendapatan) sewa, dan tidak ada aset atau kewajiban yang diakui dalam neraca. Lessee sering mengatur sebuah sewa agar dapat dicatat dekat pada capital lease. Dengan cara tersebut, lease melakukan pendanaan di luar neraca. Pendanaan di luar neraca mengacu pada kenyataan bahwa dalam operating lease, aset sewa maupun kewajiban yang terkait tidak diakui dalam neraca, walaupun banyak manfaat dan resiko kepemilikan yang ditransfer kepada lessee. Keputusan untuk mencatat sewa sebagai capital lease atau operating lease dapat berpengaruh secara signifikan terhadap laporan keuangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: